CRAB - Toba Surimi Industries Tbk

-

Toba Surimi Industries Tbk adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri pembekuan, pengolahan, pengawetan, perdagangan besar makanan dan minuman serta hasil perikanan. Perusahaan memiliki 3 produk yaitu daging kepiting yang dipasteurisasi (pasteurized crabmeat), makanan laut steril kalengan (canned sterilized seafood), dan makanan laut beku (frozen seafood). Produk pasteurized crabmeat terdiri dari Jumbo Lump, Super Lump, Lump, Special, Claw, dan Cocktail Claw. Produk canned sterilized seafood terdiri dari Canned Crabmeat, Canned Shrimp, Canned Squid, Canned Octopus, Canned Cuttlefish, Canned Baby Clam, dan Canned Tuna untuk produk ekspor; dan Tuna Balado, Tuna Cabai Hijau, Tuna Gulai, dan Bumbu Nasi Goreng untuk produk lokal. Produk frozen seafood terdiri dari Frozen Yellowfin Tuna, Frozen Giant Octopus, Frozen Seafood Mix, Frozen Cuttlefish, Frozen Squid, dan Frozen Cooked Tuna Loin untuk produk ekspor; dan Sosis Ikan untuk produk lokal.

Perusahaan memiliki 2 pabrik yang terletak di Sumatera Utara, Indonesia. Dalam menjalankan usaha, perusahaan menggunakan bahan baku utama yaitu seafood. Pemasok utama bahan baku perusahaan berasal dari nelayan, pengumpul dan agen berbagai lokasi seperti Aceh, Pangkalan Brandan, Pantai Cermin, Tanjung Balai, dan Sibolga. Perusahaan memiliki jaringan penjualan meliputi Amerika Serikat, berbagai negara di Eropa (antara lain Greece, Lithuania, Portugal, Italy, Serbia, Cyprus, Montenegro, Croatia, Serbia, Latvia, Estonia, Denmark, Italy, Portugal, Netherland, Slovakia, Denmark, Romania, Estonia, dll), Asia (antara lain Thailand, Japan, Taiwan, Hong Kong, Singapore, Philipines, dll), Australia, Kanada, Britania, Arab, dan Indonesia. Setiap bulan perusahaan mampu memproduksi sebanyak 120,000 kaleng produk kepiting pasteurisasi dan lebih dari 1,8 juta kaleng makanan laut steril, serta 110,000 kg makanan laut beku.

Sistem dan proses distribusi produk perusahaan dilakukan dengan 2 cara yaitu untuk produk ekspor dilakukan melalui penjualan ke importir dan trading company, dimana importir tersebut melakukan distribusi atau dijual kembali; sedangkan untuk produk lokal, distribusi dilakukan melalui berbagai pasar modern dan toko. Perusahaan mendistribusikan produk dengan 2 merek dagang yang dimiliki yaitu Toba Fish dan Toba Agro Health Food.

Profil Perusahaan

Didirikan pada tanggal
23 Desember 1997
Kode Industri
D231
Sektor
Barang Konsumen Primer (IDX IC) / Pertanian (JASICA)
Sub-Sektor
Makanan & Minuman (IDX IC) / Perikanan (JASICA)
Industri
Produk Makanan Pertanian
Sub-Industri
Ikan, Daging & Produk Unggas
Emiten Sejenis
AGAR AMMS ASHA CPIN CPRO DEWI DPUM DSFI ENZO IKAN JPFA MAIN MBAI SIPD WMPP WMUU
Tanggal IPO
10 Agustus 2022
Papan
Pengembangan
Jumlah saham beredar
1.950.000.000 lembar / 1,95 M lembar
Kapitalisasi
Rp. 421,20 M
Pemegang saham diatas 5%
Gindra Tardy (26.04%)
Bintarna Tardy (18.44%)
Budi Satria Tardy (16%)
Irsan Sudargo (8.62%)
Sia Leng Hong alias Tony (8.3%)
Masyarakat (20%)
Dewan Komisaris
Bintarna Tardy (Komisaris Utama)
Budi Satria Tardy (Komisaris)
Purnomo Darmowasito (Komisaris)
Direksi
Gindra Tardy (Direktur Utama)
Irsan Sudargo (Direktur)
Erman (Direktur)
Kok Kieng (Direktur)
Sia Leng Hong Alias Tony S. (Direktur)
Anak Perusahaan
-
Situs web

Komposisi Pendapatan di 2021

658,77 M

Status Kuartal Terkini

  • Volume-Besar
  • DER > 1x
  • DER > 1.5x
  • Laba
  • ROE < 10%
  • Nilai-Buku < 1/2 Harga
  • Nilai-Buku < Harga
  • Margin-Laba-Operasi < 10%
  • Margin-Laba-Bersih < 10%