AXIO - Tera Data Indonusa Tbk

-

Tera Data Indonusa Tbk adalah perusahaan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang telah berpengalaman dalam memproduksi/merakit dan mendistribusikan produk, diantaranya notebook, desktop, tablet, SSD dan memory. Merek yang dimiliki perusahaan adalah Axioo untuk produk notebook, desktop, dan tablet; serta Visipro untuk produk SSD, dan memory.

Perusahaan memiliki pabrik di Cakung dengan luas lahan sekitar 11.000 m2 dan luas bangunan sekitar 5.500 m2; dengan fasilitas antara lain kantor, laboratorium riset dan pengembangan, fasilitas produksi, gudang, pusat pelatihan, serta fasilitas pendukung lainnya seperti mushola, ruang makan, dan lain sebagainya. Perusahaan memiliki kapasitas produksi sekitar 1,2 juta unit notebook per tahun, mencakup kapasitas untuk produksi seluruh jenis produk yang dimiliki perusahaan. Perusahaan memiliki fasilitas produksi yang terpadu untuk produk Axioo dan Visipro dengan kapasitas 120.000 unit per bulan dan terdiri dari 8 jalur produksi untuk notebook, desktop, AIO, dan tablet. Perusahaan memiliki end-to-end process yang terintegrasi, mulai dari pengembangan produk, supplies & manufacturing, channels & distribution, dukungan purnajual, hingga proses marketing yang terintegrasi.

Dalam menjalankan kegiatan produksi, perusahaan memerlukan bahan baku utama yang dibutuhkan antara lain processor, LCD, memory, SSD, chipset, dan komponen pendukung lain. Bahan baku yang diperlukan perusahaan untuk dapat melakukan proses produksi tergantung pada spesifikasi produk yang sedang dikembangkan. Dalam pemenuhan bahan baku produksi, sumber bahan baku perusahaan dapat berasal dari industri lokal maupun produk impor. Perusahaan harus mengimpor komponen bahan baku karena belum tersedianya beberapa komponen seperti hard disk drive, memory, processor dan spareparts lainnya di Indonesia. Dalam pemenuhannya, untuk beberapa bahan baku dapat kurang stabil secara umum tergantung kondisi kurs, supply, demand bahan baku, dan volatilitas harga minyak bumi.

Perusahaan memiliki jaringan distribusi yang luas di seluruh Indonesia, yang terdiri dari tim penjualan di 31 kota besar antara lain Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Denpasar, Medan, Makasar, Palembang, Banjarmasin, dan kota lainnya; outlet penjualan lebih dari 1.300 di seluruh Indonesia; layanan purnajual lebih dari 130 outlet yang tersebar di wilayah Indonesia; kantor penjualan, dealer utama, ritel/outlet, dan service centre.

Profil Perusahaan

Didirikan pada tanggal
17 September 2007
Kode Industri
I221
Sektor
Teknologi (IDX IC) / Perdagangan, Jasa & Investasi (JASICA)
Sub-Sektor
Perangkat Keras & Peralatan Teknologi (IDX IC) / Jasa Komputer & Perangkatnya (JASICA)
Industri
Perangkat Komputer
Sub-Industri
Perangkat Komputer
Emiten Sejenis
LUCK MTDL ZYRX
Tanggal IPO
20 Juli 2022
Papan
Pengembangan
Jumlah saham beredar
5.840.126.500 lembar / 5,84 M lembar
Kapitalisasi
Rp. 1,51 T
Pemegang saham diatas 5%
PT Exa Nusa Persada (59.25%)
PT Primitias Ikota Jaya (19.75%)
Masyarakat (17.81%)
Dewan Komisaris
Sugiyanto Sutikno (Komisaris Utama)
Alpino Kianjaya (Komisaris)
Direksi
Michael Sugiarto (Direktur Utama)
Andrey Fifo (Direktur)
Anak Perusahaan
PT Internet Pratama Indonesia (Perdagangan Besar Komputer, Perlengkapan Komputer dan Piranti Lunak - 60%)
PT Axioo Internasional Indonesia (Industri Pengolahan Perdagangan Besar dan Eceran, Informasi dan Komunikasi - 99.98%)
PT Pintar Pilih Motor (Perdagangan Besar Sepeda Motor Listrik - 99.99%)
Situs web

Komposisi Pendapatan di 2021

1,46 T
1,45 T

Status Kuartal Terkini

  • Volume-Besar
  • DER > 1x
  • DER > 1.5x
  • DER > 2x
  • Laba
  • ROE > 10%
  • ROE > 20%
  • ROE > 30%
  • ROE > 40%
  • ROE > 50%
  • Nilai-Buku < 1/4 Harga
  • Nilai-Buku < 1/2 Harga
  • Nilai-Buku < Harga
  • Margin-Laba-Operasi > 10%
  • Margin-Laba-Bersih < 10%